Selasa, 23 Juli 2013

Manfaat Buah Manggis


Sebelum kita mengetahui tentang manfaat buah manggis, ada baiknya kita mengenal sedikit tentang buah yang satu ini.

Buah Manggis adalah nama buah yang yang biasa digunakan untuk tebak-tebakan ini sudah tidak asing lagi di telinga kita dan mudah ditemukan apabila sedang musimnya. Buah tropis asli Indonesia ini memiliki nama Ilmiah Garcinia Mangostana dengan warna buah ungu gelap dan daging buahnya manis sedang dan semua dari kita pasti menyukainya. Karena diyakini banyaknya manfaat buah manggis ini maka tidak heran apabila banyak pakar herbal di Asia menggunakannya untuk mengobati beragam penyakit.


Seiring dengan perkembangan jaman dan pengetahuan kedokteran, para ahli sekarang ini menguji misteri kandungan buah manggis di laboratorium. Berdasarkan laporannya ternyata buah manggis memiliki kandungan senyawa yang sangat penting dalam dunia pengobatan.


Berikut ini manfaat dari buah Manggis berdasarkan hasil uji laboratorium:
  • Sebagai anti bakteri
Menurut laporan beberapa peneliti, senyawa alpha mangostin ( kimia aktif yang ditemukan pada kulit pohon manggis ) diketahui bisa menghindar penyebaran infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang kebal pada antibiotik konvensional. Satu tim peneliti kesehatan di jepang menyebutkan bila senyawa ini amat aktif saat melawan bakteri staphylococcus aureus yang kebal pada methicillin serta bakteri enterococci yang kebal pada vankomicin.

Menurut hasil temuan ini, beberapa peneliti menyimpulkan bila senyawa yang ada didalam manggis ini bisa jadikan obat di periode mendatang untuk menangani infeksi yang disebabkan oleh bakteri-bakteri yang kebal pada antibiotik umum. Disamping itu, alpha mangostin juga diketahui bisa bekerja dengan beriringan dengan obat antibiotik komersial layaknya gentamicin, minocycline, serta ampicillin.

  • Anti jerawat
Tetap terkait dengan senyawa alpha mangostin serta fungsinya sebagai antibakteri. tim peneliti dari thailand berusaha untuk meneliti efektifitas senyawa alpha mangostin pada bakteri jerawat. Saat ini senyawa tersebut diperoleh dengan langkah mengekstraksi buah manggis. Mereka berupaya mendapatkan metode ekstraksi yang sangat pas untuk memperoleh wujud senyawa alpha mangostin yang sangat mungkin. Sesudah serangkaian ujicoba, selanjutnya pada th. 2010, beberapa peneliti di thailand ini melaporkan bahwa alpha mangostin yang diperoleh dengan langkah ekstraksi memakai diklorometana yaitu yang sangat kuat saat melawan bakteri penyebab jerawat. Disamping itu, metode ini juga membuahkan jumlah senyawa alpha mangostin terbanyak dibanding metode yang lain.
  •  Anti karsinogenik
Saat ini perihal kandungan lain pada buah manggis. beberapa peneliti di kampus putra jaya malaysia coba meneliti kandungan senyawa xhantone yang diekstraksi dari batang serta akar manggis. xanthone yaitu senyawa biologis aktif yang mempunyai karakter antioksidan yang amat kuat. Senyawa ini diketahui amat efisien saat menghambat perkembangan serta penyebaran sel kanker ( manfaat manggis untuk menangani kanker bisa anda tengok pada artikel saya yang pada mulanya ). Tak hanya untuk meneliti manfaat xanthone, beberapa peneliti di malaysia ini juga pingin memperoleh metode paling baik saat mengekstraksi untuk memperoleh xanthone yang sangat mungkin sebagai anti karsinogenik. Sebagai catatan, kandungan xanthone paling tinggi ditemukan didalam kulit buah manggis.

  • Manfaat lainnya
Beberapa peneliti-peneliti yang lain juga sukses mengidentifikasikan manfaat buah ini didalam menangani beragam jenis problem kesehatan. senyawa tannin yang juga ditemukan didalam kulit manggis diketahui bisa mengencangkan kulit serta selaput lendir bila di oleskan dengan segera. Senyawa xanthone tak hanya ampuh untuk menghindar serta menangani kanker, nyatanya juga tunjukkan dampak antihistamin serta anti-inflamasi, hingga berguna untuk mengobati alergi. Xanthone juga diketahui berguna untuk kesehatan jantung dikarenakan bisa menghindar ldl ( kolesterol jahat ) menumpuk di pembuluh arteri. Kulit manggis juga bisa dikeringkan serta jadikan teh. teh manggis tak hanya memiliki kandungan xanthone, juga berguna untuk menangani beragam problem pencernaan serta penyakit diare.

Nah kalo sudah mengetahui manfaatnya, sekarang tinggal mencobanya dan mengambil manfaat yang besar dari buah manggis ini sebagai obat alami murah dan aman bagi keluarga kita.

wassalam........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar